Chip Kidd

Chip Kidd adalah desainer grafis, penulis, dan penerbit Amerika kontemporer. Ia paling dikenal sebagai desainer grafis untuk sampul buku. Sebagai penggemar berat komik, ia tidak hanya menulis beberapa di antaranya untuk DC Comics, tetapi juga mendesain sampulnya.

Lahir 12 September 1964, di Pennsylvania, Chip Kidd menjadi direktur seni asosiasi di penerbit New York Knopf. Ia bekerja di penerbit sebagai asisten junior pada tahun 1986. Selain itu, Kidd adalah seorang independen untuk berbagai perusahaan dan memproduksi lebih dari 70 jaket per tahun. Beberapa penerbit yang telah dia terbitkan termasuk Farrar Straus & Giroux, Amazon, HarperCollins, Scribner, dan Penguin / Putnam. Di Book of the Pantheon, dia mendesain novel grafis.

Pada tahun 2003, ia berkolaborasi dengan kartunis dan penerbit Amerika, Art Spiegelman, dalam biografi Jack Cole berjudul Jack Cole dan Plastic Man: Form to the Limit. Jack Cole adalah kartunis Amerika terkenal yang terkenal dengan kreasi komik superhero-nya, Plastic Man. Selain itu, Kidd menciptakan konsep penutup untuk beberapa novelis dan penulis paling populer di generasi itu. Beberapa kliennya termasuk Bret Easton Ellis, Dean Koontz, Frank Miller, Mark Beyer, Donna Tartt dan Alex Ross. Film yang diadaptasi dari novel Jurassic Park karya Michael Crichton memperkenalkan seni konsep Kidd untuk novel ini. Penulis ternama lainnya, Oliver Sacks dan Lisa Birnbach, juga menanyakan keahliannya untuk sampul buku mereka.

Majalah penerbitan sastra terkemuka Amerika Publishers Weekly menggambarkan jaketnya sebagai sesuatu yang menakutkan, tidak konvensional, licik, dan mencolok. Mereka dirancang sedemikian rupa sehingga pembaca buku menghargai sampul sebagai bentuk seni yang berbeda dan juga sebagai bagian dari karya sastra. Harian nasional USA Today memuji kecintaannya pada desain grafis dan menyebutnya sebagai “bintang rock terdekat” di industri ini. James Ellroy, seorang penulis yang diakui secara luas, menghargai desain Jaket Buku Kidds dan menyebutnya “Desainer Grafis Terbesar di Dunia”. Selain pekerjaan Kidd yang teliti dan teliti dalam desainnya, dia sering meremehkan pentingnya sampul. Dia tidak mendukung gagasan bahwa sampul buku itu sendiri dapat menjual buku itu. Sebaliknya, dia percaya bahwa isi buku memegang kunci kesuksesan, dan desain sampulnya memainkan peran penting.

Baca Juga : Eddie Opara

Kidd memiliki sikap yang rendah hati dan merendahkan diri dan tidak pernah menerima pujian atas karyanya. Misalnya, ketika dia mengatakan bahwa dia berkarier di belakang penulis, dia cukup beruntung untuk mengerjakan buku Cormac McCarthy, bukan sebaliknya. Ia juga mengaku sebagai penggemar berat komik, terutama serial Batman. Bahkan, dia mendesain sampul buku dan menulis komik DC. Komik tersebut antara lain The Golden Age of DC Comics: 365 Days, Superman, Complete History of Batman, dan Wonder Woman. Alex Ross menggambarkan salah satu cerita eksklusif Batman / Superman yang ditulis oleh Kidd.

Selain desain grafis, Chip Kidd juga menulis novelnya. Pada 2001, ia merilis novel pertamanya The Cheese Monkeys yang merupakan satir akademis. Ini menceritakan kisah masa datang mahasiswa seni perguruan tinggi yang diintimidasi oleh instruktur seni mereka. Buku ini terutama mengacu pada pengalaman Kidd yang sebenarnya. Sekuel novel The Learners muncul pada tahun 2008. Kidd menulis cerita di balik novel grafis aslinya Batman: Death By Design (2012). Pada tahun 2014, ia menerima Medali AIGA atas kontribusinya dalam industri desain grafis.

 

Chip Kidd, seorang desainer grafis dan penulis yang tinggal di New York, telah menjadi salah satu, jika bukan, desainer sketsa buku yang paling terkenal hingga saat ini. Lahir pada tahun 1964 dan dibesarkan di Reading, Pennsylvania; Desain tersebut, menurut Desain Grafis: Amerika Dua, telah dikreditkan dengan “membantu menelurkan revolusi dalam seni membungkus buku Amerika selama dekade terakhir.” Salah satu karakteristik paling konsisten dari gaya terobosan Kidd adalah fakta bahwa jaket bukunya tidak memiliki tampilan khas. Menurut Kidd, “tampilan tanda tangan melumpuhkan … [karena] solusi paling sederhana dan efektif tidak ditentukan oleh gaya.”

Kidd lulus dari Pennsylvania State University di mana ia mengambil jurusan desain grafis dan tertarik pada karya Paul Saville, pencipta seniman Inggris, karena desainnya masih memberikan pengaruh besar pada karyanya. .

Sebagian besar mantel Kidd yang paling terkenal telah dibuat selama lima belas tahun yang berlanjut dan berlangsung di rumah Alfred A. Knopf terkemuka yang diterbitkan di bawah arahan artistik Carol Devine Carson, yang, menurut The New York Times, “ dikreditkan dengan membantu merevisi cara lama menggunakan jenis, kesenian, fotografi dan warna jaket buku. “Daftar klien Kidd terdiri dari beberapa penulis terkenal dan terkenal termasuk Anne Rice, John Updike, Dean Koontz, dan Michael Crichton yang dengannya dia membuat ilustrasi ikon kerangka dinosaurus untuk bukunya ‘Jurassic Park‘. Kerangka dinosaurus Kidd juga menjadi fokus penting untuk kampanye pemasaran film. Dia juga merancang sampul katalog untuk pameran “Pesan Campuran” Cooper-Hewitt.

Karya Kidd telah ditampilkan di majalah Vanity Fair, Time, The New York Times, Graphis, New York dan ID. Chip Kidd juga menulis tentang desain grafis untuk majalah Vogue, The New York Times, New York Observer, Arena, Details, The New York Post, dan Print. Dia juga menulis dan mendesain sampul untuk novelnya “Cheese Monkeys”.