Eddie Opara

Eddie Opara adalah desainer multi-segi yang karyanya mencakup strategi, desain, dan teknologi, dengan instalasi interaktif, situs web, dan banyak lagi.


Eddie Opara adalah seorang desainer grafis kontemporer yang lahir di British Columbia. Karya multifasetnya meliputi desain yang menyegarkan, teknologi dan strategi modern. Dia terutama berfokus pada proyek yang melibatkan desain, perangkat lunak, publikasi dan pengemasan interaktif, identitas merek, dan antarmuka pengguna.

Pada tahun 1972 Eddie Opara lahir di Wandsworth, London. Ia menerima pendidikan seni formal dari London College of Printing dan Universitas Yale. Ia mengambil jurusan desain grafis dan memperoleh gelar Master of Fine Arts pada tahun 1997. Setelah lulus, ia memulai pekerjaan profesionalnya di beberapa perusahaan, termasuk Ambassador Theatre Group. Selanjutnya, dia pindah ke New York, AS, di mana dia bekerja untuk Imaginary Forces. Ia terus bekerja keras hingga akhirnya mendapat tawaran pekerjaan 2 × 4. Ia diangkat sebagai art director di studio desain berpengaruh ini.

Meski pindah ke Amerika di awal karirnya, Opara yakin tumbuh besar di Inggris membentuk gaya desainnya. Dia percaya diri dengan keahliannya dan Inggris menawarkan jangkauan luas di semua bidang desain dan gaya hidup. Namun, tinggal di Amerika selama sekitar dua dekade memungkinkannya untuk memahami konsep eklektisisme dan akhirnya memeluknya. Menurut Opara, jika dia memiliki karir alternatif, itu adalah pertukangan atau arsitektur. Nasib membawa Opara ke Amerika Serikat dan memberinya kesempatan untuk membuat namanya terkenal. Langkah pertamanya ke arah ini adalah membangun studio desain grafisnya sendiri setelah meninggalkan 2 × 4. Dia mendirikan The Map Office di New York pada tahun 2005.

Sejak itu, Opara telah mengambil beberapa proyek desain dari berbagai klien. Mereka mencari bantuan untuk pengemasan, pencitraan merek, dan periklanan. Beberapa dari klien ini termasuk Museum Studio di Harlem, Kantor Riset Arsitektur, Museum Seni Queens, St. Regis, Princeton Architectural Press, Jazz di Lincoln Center, dan Universitas New York di antara banyak lainnya. Dia telah mengembangkan sistem manajemen konten web yang sangat canggih dan interaktif yang disebut MiG untuk perusahaannya. Perangkat lunak ini memungkinkan pelanggannya untuk mengelola dan menerbitkan konten mereka sendiri secara online.

Pekerjaan Opara yang terus berkembang di The Map Office mengikuti penunjukannya ke perusahaan desain multinasional dan Pentagram multinasional, sebagai mitra. Dia bergabung dengan kantor Pentagram di New York pada Oktober 2010. Anggota tim studio yang dia bawa ke perusahaan termasuk pengembang perangkat lunak dan desainer Frank LaRocca, desainer senior Raed Atoui dan Brankica Harvey. Pentagram menghargai praktik multifasetnya karena dilengkapi dengan pendekatan multidisiplinnya. Opara berbagi pendapatnya tentang bergabung dengan bisnis karena menurutnya penting baginya untuk membawa berbagai keterampilan desain yang dipadukan dengan ide dan novel orisinal. Untuk melakukan ini, dia bermaksud membangun karyanya yang menarik di sekitar tiga elemen penting; teknologi, desain dan strategi.

Beberapa organisasi seni besar di seluruh dunia mengakui karya seni Eddie Opara dan memberinya penghargaan. Dia telah mempersembahkan Gold Cube of the Art Directors Club dan penghargaan lainnya dari American Institute of Graphic Arts (AIGA) dan majalah ID. Dia adalah anggota Ailliance Graphique Internationale yang dihormati. Bahkan, AIGA New York Chapter membawanya ke kapal. Selain itu, dia adalah profesor desain naratif di Universitas Seni dan sering menghadiri Sekolah Seni Yale sebagai kritikus tamu. Karya seninya telah diterbitkan di berbagai publikasi termasuk I.D, Archis, Graphis dan Surface.

 

 

21 hal yang tidak Anda ketahui tentang Eddie Opara

Anda telah melihat karyanya. Anda memasuki ruangan. Anda membeli buku-bukunya, termasuk buku-buku ganja. Anda bisa jatuh cinta dengan rekan kerja Paula Scher dan Michael Bierut. Sekarang luangkan waktu sejenak untuk mempelajari beberapa hal yang mungkin tidak Anda ketahui tentang ikon desain Eddie Opara.

1. Lahir di Wandsworth, London pada tahun 1972

2. 1996 AIGA / Worldstudio Fellow

3. London College of Printing dan lulusan Universitas Yale

4. Jika dia bukan seorang desainer, dia pasti akan menekuni pertukangan atau arsitektur.

5. Dia terinspirasi oleh operasi kepala ibunya di Nigeria.

6. Buku favoritnya adalah sesuatu yang ditulis oleh Hanif Kureshi.

7. Orang yang ideal harus memiliki kecerdasan Malcolm Gladwell, humor Chris Rock, kreativitas David Adjaye.

8. Kutipan yang diambil dalam hatinya: “Desain itu spiritual”, dari ayahnya.

9. Wallpaper peragaan busana Prada menampilkan gambar pria setinggi 6 kaki yang menyelimuti ruangan.

10. Pada tahun 1997 ia memenangkan AIGA Gold Medal for Students.

11. Beberapa film favoritnya antara lain: Ice Storm, Deer Hunter, Amelie, To Kill a Mockingbird, Twelve Angry Men, No Country for Parents dan Wind Herher.

12. Mendorong desainer untuk membuat sketsa dan membuat konsep ide dalam jurnal.

13. Berikan hadiah paling kreatif untuk orang-orang tercerahkan di tahun 2012 dan 2013

14. Karyanya merupakan bagian dari koleksi permanen Museum of Modern Art (MOMA).

15. Inspirasi untuk pemasangan Stealth berasal dari The Invisible Man oleh Ralph Ellison, yang membahas perjuangan untuk orang Afrika-Amerika di awal abad ke-20 dan “adalah representasi fisik fisik yang literal, tetapi tidak terlihat. subjek yang benar-benar mempengaruhi dan mempengaruhinya di masa mudanya ”.

16. Dia percaya bahwa desainer tidak pernah berakhir.

17. Dia telah mengembangkan sistem manajemen konten web yang sangat canggih dan interaktif yang disebut MiG.

18. Dinamakan dalam daftar majalah “Power 100 American” milik Ebony pada tahun 2011.

19. Ini adalah bagian dari Platform, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan partisipasi kelompok yang kurang terwakili – terutama Afrika Amerika, Latin dan Amerika – dalam teknologi dan kewiraswastaan.

20. Artis favoritnya adalah Gustav Klimt, Cy Twombly, Marc Rothko dan Nathan Carter.

21. Kebiasaan terburuk adalah bercukur.

Eddie Opara adalah desainer pemenang penghargaan, guru, dan mitra pemenang penghargaan di Pentagram New York, firma konsultan desain independen terbesar (dan salah satu yang paling bergengsi) di dunia. Dia adalah seorang desainer yang bijaksana dan serba bisa yang pekerjaannya meliputi strategi, desain dan teknologi. Dalam konteks desain grafis, ia belajar sendiri tentang media baru, perangkat lunak, dan grafis bergerak. Sebelum bergabung dengan Pentagram pada 2010, Eddie menghabiskan waktu lima tahun di studionya di New York, The Map Office, yang memiliki klien seperti Vitra, Prada, The Menil Collection di Houston, dan Morgan Stanley. Karya Opara telah muncul di museum dan dalam publikasi seperti Archis, Surface, Graphis dan I.D. dan diangkat sebagai Kritikus Desain Grafis di Yale pada tahun 2010 dan merupakan Dosen Senior di Universitas Seni Philadelphia.